Home » » Tawur 6 SuperPhone

Tawur 6 SuperPhone

Posted by FakhriComputindo on Friday, April 5, 2013

Samsung Galaxy S4 vs HTC One vs Sony Xperia Z vs BlackBerry Z10 vsNokia Lumia 920 vs Apple iPhone 5


Pertempuran di ranah smartphone makin menarik setelah diluncurkannya Galaxy S 4 oleh Samasung. Tentu saja ini akan memudahkan seklaigus membuat bingung para konsumen untuk memilih smartphone mana yang pantas untuk dibeli sesuai kebutuhan pengguna. Untuk itulah Our IT Blog akan memberikan sedikit refrensi mengenai 6 superphone yang tengah bersaing ketat, yaitu Samsung Galaxy S 4, HTC One, Sony Xperia Z, BlackBerry Z10, iPhone 5 dan Nokia Lumia 920. Langsung saja ke TKP

Desain
Samsung Galaxy S 4 memiliki desain yang identik dengan kakanya, Samsung Galaxy S III. Hal ini sedikit mengecewakan dimana body Galaxy S4 juga terbuat dari bahan plastik yang kurang layak untuk ponsel sekelas superphone. Berbeda dengan HTC One dan iPhone 5 yang menggunakan material aluminium sehingga menawarkan penampilan yang sangat premium. Jika dilihat sepintas, desain HTC One, iPhone 5 dan BlackBerry Z10 tampak sedikit identik dengan bentuk yang kotak memanjang dengan sudut sedikit membulat. Bedanya BlackBerry Z10 menggunakan materila plastik seperti halnya Galaxy S 4sementara HTC One dan iPhone 5 kompak menggnakan aluminium. Untuk Nokia Lumia 920 desain yang diusung khas ponsel Lumia Windows Phone 8 saat ini dengan bentuk yang nyaris kotak sempurna dan permukaan layar yang sedikit cembung. Material yang dibawa Lumia 920 adalah Polycarbonate yang membuatnya unggul dari Galaxy S4 dan BlackBerry Z10. Sementara untuk Sony Xperia Z, bisa dibilang superphone dengan body paling tangguh diantara ke-5 kompetitornya. Sony Xperia Z dibekali dengan sertifikat IP57 dan water resistant, yang membuat smartphone ini tahan dari serangan debu dan masih mampu dioperasikan di dalam air dengan kedalaman 1 meter selama 30 menit. Untuk urusan desain, kami memberikan skor (1-5):
1.    HTC One : 5
2.    iPhone 5 : 5
3.    Sony Xperia Z : 5
4.    Nokia Lumia 920 : 4.5
5.    Samsung Galaxy S : 3.5
6.    BlackBerry Z10 : 3.5

Layar
Untuk urusan display, Samsung Galaxy S 4 dan Sony Xperia Z dibekali dengan bentangan layar jumbo 5 inci dengan reolusi full HD 1920 x 1080 piksel. Sedangkan HTC One juga hadir dengan resolusi Full HD, namun dengan bentangan layar 4.9 inci yang membuatnya memiliki kerapatan piksel lebih baik dari Samsung Galaxy S 4 dan Sony Xperia Z. Nokia Lumia 920 dan BlackBerry Z10 kompak dengan resolusi layar HD 768 x 1280 dengan bentangan layar seluas 4.5 inci. Sementara iPhone 5 dibekali dengan layar Retina Display khas Apple berukuran 4 inci dan resolusi 640 x 1136 piksel. Samsung Galaxy S 4 dibekali dengan teknologi layar Super AMOLED unggula Samsung yang membuatnya sedikit unggul diantara yang lain. Sementara Nokia dibekali dengan teknologi PureMotion HD+. Untuk urusan layar, kami memberikan skor :
1.    Samsung Galaxy S 4 : 5
2.    HTC One : 5
3.    Sony Xperia Z : 5
4.    Nokia Lumia 920 : 4.5
5.    BlackBerry Z10 : 4
6.    iPhone 5 : 4

Hardware
Nah, sekarang kita beralih ke bagian hardware. Samsung Galaxy S 4 tersedia dalam dua versi dengan prosesor berbeda. Versi pertama menggunakan prosesor Quad Core Snapdragon Krait 300 1.9 GHz dan versi kedua menggunakan Exynos 5 Octa Core 1.6 GHz. Selain perbedaan di sisi prosesor, tidak ada perbedaan yang cukup signifikan selain untuk versi Quad Core sudah mendukung konektifitas LTE, sedangkan untuk yang versi Octa core masih dengan konektivitas HSDPA. Samsung Galaxy S 4 dibekali dengan RAM sebesar 2 GB, dengan pilihan memori internal mulai dari 16, 32, sampai 64 GB dan didukung slot memori eksternal yang dapat diekspand hingga 64 GB. Sedangkan untuk HTC One menggunakan prosesor Quad Core Krait 300 dengan clock speed mencapai 1.7 GHZ ditambah dengan RAM 2 GB dan pilihan internal memory 32 dan 64 GB. Untuk Sony Xperia Z, menggunakan prosesor Quad Core 1.5 GHz krait yang ditunjang dengan RAM sebesar 2 GB dan memori internal 16 GB dengan dukungan memori eksternal sampai 32 GB. Nokia Lumia 920 dan BlackBerry Z10 tampil kompak dengan prosesor Dual Core 1.5 GHz Krait. Nokia Lumia 920 didukung dengna RAM 1 GB dan memory internal sebesar 32 GB yang dapat diekspansi dengan memory eksternal dengan kapasitas sampai 32 GB. Sementara BlackBerry Z10 datang dengan kapasitas RAM yang lebih besar, yaitu 2 GB dengan 32 GB storage. Untuk iPhone 5 menggunakan prosesor Apple A6 dual core yang ditunjang dengan RAM 1 GB dan pilihan memori internal mulai dari 16, 32 , dan 64 GB. Untuk hardware, kami memberikan rating :
1.    Samsung Galaxy S 4 : 5
2.    HTC One : 5
3.    Sony Xperia Z : 4.5
4.    BlackBerry Z10 : 4
5.    Nokia Lumia 920 : 3.5
6.    iPhone 5 : 3

Software
 Untuk masalah software, karena keterbatasan saya, saya tidak seanggup mengulas semua kelbihan dan kekurangan software yang di usung oleh masing-masing smartphone ini. saya hanya akan menuliaskan tentang informasi jenis sistem operasi dan versi yang digunakan. Daftar yang dibuat dibawah ini bukan sebagai peringkat.
-    Samsung Galaxy S 4 : Android 4.2.2 Jelly Bean
-    HTC One : Android 4.1.2 Jelly Bean
-    Sony Xperia Z : Android 4.1 Jelly Bean
-    Nokia Lumia 920 : Windows Phone 8 Metro
-    BlackBerry Z10 : BlackBerry 10
-    iPhone 5 : iOS 6

Kamera
Sekarang kita beralih ke bagia fotografi. 6 superphone yang diadu kali ini nyaris berimbang dalam urusan mengambil gambar. Para vendor menyuntikkan teknologi terbaik untuk superphone terbaiknya. Kita mulai dari Samsung Galaxy S 4 yang hadir dengan kamera berkekuatan 13 MP f/22 dengan autofocus dal LED flash. Kamera Galaxy S 4 dibekali beberapa fitur menarik, diantaranya adalah Dual Shot. Yaitu mengambil foto dengan kamera depan dan belakang secara bersamaan. Kemudian ada eraser shot. Dengan fitur anti-photo bomber yang akan mengambil banyak foto sekaligus, lalu menghapus foto dimana terdeteksi ada gerakan. Ada juga Drama Shot, yaitu mengambil foto dalam moce burst lalu mengkombinasikan mereka dalam satu frame, mirip stroboscopic flash. Kamera sekunder Galaxy S 4 adalah 2 MP. Kemudian beralih ke Sony Xperia Z yang juga dibekali dengan reolusio 13 MP. Salah satu senjata kamera Xperia Z ini adalah adanya Sensor Exmor R yang akan menjamin kualitas foto yang duambil. Untuk urusan rekam gambar bergerak, Sony Xperia Z mampu digunakan untuk merekam video full HD 1080p@30fps dengan continous focus dan video stabilizer. Kemudian HTC tampil beda dengan kamera 4 MP. 4 MP? Apanya yang hebat? Tahan dulu pertanyaan Anda. Meski hanya dibekali dengan reolusi 4 MP HTC One menggunakan lensa Ultra-piksel. HTC mengklaim inilah teknologi kamera terbaik untuk sebuah superphone. Kamera ini memiliki pixsel size sebesar 2 micromoter pixels dan sensor size 1/3. Untuk Nokia Lumia 920, BlackBerry Z10, dan iPhone 5 kompak dengan resolusi kamera 8 MP. Nokia cukup pede dengan teknologi PureView-nya yang sempat menjadi perbincangan saat Nokia 808 PureView sanggup menampung kamera dengan resolusi 41 MP. Meski dengan resolusi yang jauh lebih rendah, kamera ini mampu menunjukkan kehebatannya saat di uji di berbagai forum atau majalh teknolog. Bahkan kamera Nokia Lumia 920 diklaim lebih baik dari kamera Samsung Galaxy S III dan iPhone 5. iPhone sendiri hadir dengan teknologi iSight yang juga digunakan pada iPad 4. Nah, ada fitur menarik di kamera BlackBerry Z10. Fitur ini bekerja layaknya ‘mesin waktu. Dimana smartphone akan mengambil gambar mulai dari sebelum Anda menekan shutter sampai beberapa saat sampai Anda menekan tombol shuter, sehingga Anda bisa memilih hasil jepretan yang paling sempurna. Untuk kamera, kami memberikan rating sebagai berikut :
1.    Sony Xperia Z : 5
2.    Samsung Galaxy S 4 : 5
3.    Nokia Lumia 920 : 4.5
4.    HTC One : 4.5
5.    iPhone 5 : 4
6.    BlackBerry Z10 : 4

Konektivtas
Untuk masalah surfing internet, ke-6 superphone ini telah di dukung dengan konektivitas 4G LTE yang mampu di ajak ngebut hingga kecepatan download mencapai 100 mbps. Sayangnya teknologi ini belum diterapkan di negara kita Indonesia ini. Untuk koneksi lainnya cukup lengkap mulai dari WiFi, Bluetooth hingga NFC yang memudahkan kita untuk bertransfer data antar perangkat. Pengecualian untuk iPhone 5, dimana Anda akan sangat sulit bertukar data dengan penggona smartphone platform lain.

Kesimpulan
Dari ulasan di atas memang masing-masing smartphone punya kelebigan dan kekrungan masing-masing. Smartphone mana yang menjadi pemenang kali ini hanya Anda yang bisa menentukan. Namun, secara umum saya memberi peringkat sebagai berikut.
1.    Samsung Galaxy S 4
2.    HTC One
3.    Sony Xperia Z
4.    Nokia Lumia 920
5.    iPhone 5
6.    BlackBerry Z10
 

Thanks for reading & sharing FakhriComputindo

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Ads Inside Post

Search This Blog

Powered by Blogger.

Google Translate