Home » » Perbedaan HTTP dengan HTTPS

Perbedaan HTTP dengan HTTPS

Posted by FakhriComputindo on Sunday, February 23, 2014

Saat Sobat browsing, pastinya sobat pernah menjumpai URL website dengan awalan HTTP atau HTTPS. Mungkin Sobat bertanya-tanya. Apakah perbedaannya? DT akan memberikan sedikit pengetahuan tentang HTTP dan HTTPS.

HTTP (Hyper Text Transfer Protocol) adalah suatu protokol yang digunakan oleh WWW (World Wide Web). HTTP mendefinisikan bagaimana suatu pesan bisa diformat dan dikirimkan dari server ke client. HTTP juga mengatur aksi-aksi  apa saja yang harus dilakukan oleh web server dan web browser sebagai respon atas perintah-perintah yang ada pada protokol.

Problem pada HTTP adalah komunikasi yang berjalan tidaklah sepenuhnya aman. Informasi yang Sobat kirimkan kepada website seperti informasi kontak dapat dengan mudah diambil oleh pihak ketiga. Jika Sobat sedang mengakses amazon.com atau paypal.com tentunya sobat tidak ingin informasi penting sobat diketahui orang lain bukan?

Lalu pada HTTPS ditambahi embel-embel ‘s’ yaitu ‘secure’ yang artinya ‘aman’. Prtokolnya masih sama tetapi dengan tambahan ‘lapisan’. Protokol HTTPS dilapisi oleh SSL/TSL (Secure Socket Layer/Transport Layer Security) sebagai langkah pengamanan dan berfungsi untuk autentifikasi website sehingga Sobat mengetahui bahwa website tersebut akan melakukan enkripsi data.

Misalnya ketika Sobat mengetikkan alamat amazon.com. ketika sedang browsing dan melihat-lihat barang yang dijual, maka yang digunakan adalah protokol HTTP karena tidak ada informasi data pribadi yang terlibta.

Tetapi ketika Sobat sudah melakukan proses input ketika ingin melakukan pembelian, tentu data penting seperti informasi kartu kredit akan terlibat. Maka halaman penginputan data akan menggunakan protokol HTTPS.

Thanks for reading & sharing FakhriComputindo

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Ads Inside Post

Search This Blog

Powered by Blogger.

Google Translate