Home » » Penjualan PC Mengalami Penurunan, Salah Windows 8?

Penjualan PC Mengalami Penurunan, Salah Windows 8?

Posted by FakhriComputindo on Monday, March 25, 2013

Semula sistem operasi terbaru Microsoft, yaitu Windows 8 mendapat berbagai pujian dan sambutan positif dari perusahaan-perusahaan kompiter yang berharap penjualan PC akan mengalami peningkatan saat sistem operasi terbau ini diluncurkan. Namun, setelah beberapa bulan peluncuran, penjualan PC justru mengalam penurunan. Pujian – pujian itupun sudah berganti kulit menjadi kritikan-kritikan bahkan celaan-celaan pedas dari para vendor PC seperti Acer, HP, Samsung, Dell, dll. Mereka langsung menuduh Windows 8 sebagai biang keladi menurunnya penjualan PC. Bahkan ada yang menyebut Windows 8 sebagai produk gagal. Mereka menuduh Windows 8 tidak berhasil menarik pengguna untuk membeli PC. Namun, benarkah semua tuduhan itu??? 

Sistem antar muka Windows 8 benar-benar di desain ulang oleh Microsoft. Mungkin ini memang langkah yang cukup tepat untuk menghindari kebosanan dan kemonotonan. Namun, antar muka yang baru ini terasa kurang familiar untuk pengguna PC kelas pemula. Bahkan untuk pengguna yang sudah akrab dengan Windows 7, Vista, atau XP-pun harus berfikir dua kali jika ingin menggunakan Windows 8. Terkadang, mereka lebih memilih untuk tetap menggunakan Windows versi lama daripada harus belajar kembali untuk menggunakan Windows 8. Hal ini juga-lah yang mungkin menjadi alasan mengapa para vendor PC ramai-ramai menyerang Windows 8. Sebagai pengguna Windows 8, saya ingin menyampaikan opini saya yang mungkin ini sebagai sedikit pembelaan terhadap semua tuduhan itu. Windows 8 tidak harus menjadi satu-satunya penyebab menurunnya penjualan PC. Kita harus ingat bahwa banyak pecinta gadget saat ini yang lebih mengiginkan membeli tablet daripada PC. Nah, jika para pembuat PC yang sok tahu nan sombong itu  mengatakan bahwa Windows 8 adalah produk gagal TETAPI MENGAPA MEREKA MASIH MENGADOPSI WINDOWS 8 SEBAGAI OS PC MEREKA??? MENGAPA JUGA MEREKA TIDAK LANGSUNG MENGGUNAKAN OS ANDROID ATAUPUN CHROME OS YANG DIANGGAP LEBIH BAIK DARIPADA WINDOWS 8??? Jawabannya sederhana. Karena penjualan PC bisa dipastika punah jika mereka memilih menggunakan Android ataupun Chrome OS. Tidak semua orang mengenal Chrome OS. Bahkan bisa dibilang masih sedikit yang mengenal Chrome kecuali sebagai Web Browser. Mungkin jika para konsumen mengenal Chrome OS pun belum tentu mereka mau menggunakan OS tersebut. Karena jelas bahwa Chrome OS berbeda dari Windwos. Dan ini artinya mereka harus belajar lebih keras lagi untuk menggunakan Chrome OS.

Windows 8 bukanlah satu-satunya penyebab. Microsoft jelas tidak mungkin bisa mengendalikan semua pemikiran umat manusia untuk berbondong-bondong menggunakan PC dengan OS Windows 8 jika mereka lebih memilih menggunakan Tablet. Para vendor pembuat PC harus mengakui bahwa tablet saat ini lebih populer daripada PC bahkan Notebook. Bodohnya lagi, para vendor PC tersebut tetap saja memproduksi PC dengan jumlah yang banyak dan target yang tinggi. Saat target tidak tercapai, mereka menyalahkan Windows 8. Mengapa mereka tidak beralih untuk membuat tablet? Jika mereka menjawab “karena masih banyak masyarakat yang membutuhkan PC”, maka saya akan lengsung membentak “Lho, katanya penjualan PC menurun. Kok tiba-tiba jadi banyak?” Windows 8 tidak bisa disalahkan. Saya sangat amat yakin Microsoft sudah bersusah payah dan berusaha ekstra keras untuk membangkitkan Windows 8. Dan usaha sekeras itu hanya ditanggapi dengan ejekan dan hinaan. Jika mereka berfikir Windows 8 adalah produk gagal, mengapa mereka tidak membuat OS sendiri? Mengapa juga mereka masih tetep saja menggunakan Windows 8 sebgai OS PC mereka?

Baru-baru ini Samsung menyatakan bahwa sistem operasi Windows 8 tidak lebih baik dari Windows Vista. Mungkin pendapat konyol ini hanya Anda yang bisa menilai. Pasalnya, Samsun juga sangat bangga terhadap deretan produk Ativ Smart PC yang notabene menggunakan Windows 8. Bukankah pernyataan Samsung tersebut secara tidak langsung melarang pengguna memebeli Ativ Smart PC Samsung? Selain Samsung, Acer menjadi vendor yang peling gencar melancarkan kritikan terhadap Windows 8. Sebelumnya Acer mengkritik Microsoft yang ikut bertarung dalam pasar tablet dengan meluncurkan Surface. Saya setuju dengan kritikan Acer tersebut. Karena memang Microsoft tidak seharusnya meluncurkan Surface. Setelah itu, Acer menganggap Windows 8 sebagai produk gagal dan menjadi semua penyebab menurunnya penjualan PC. Untuk pernyataan yang satu ini, SAYA SANGAT TIDAK SETUJU. Mungkin Acer memang TIDAK BISA menggunakan Windows 8 dengan baik dan benar sehingga mereka menganggap Windows 8 sulit dipelajari. Maaf jika komentar saya ini terlalu pedas dan ada yang menyinggun hati para pembaca setia Our IT Blog. Saya hanya tidak terima Windows 8 mendapat kecaman dan kritikan bertubu-tubi. Bagi para sobat techno yang sudah menggunakan atau setidaknya mencoba Windows 8, silahkan berikan tanggapan Anda di kolom komentar. Atau Anda yang masih ragu menggunakan Windows 8, silahkan kirim pertanyaan Anda.

Thanks for reading & sharing FakhriComputindo

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Ads Inside Post

Search This Blog

Powered by Blogger.

Google Translate