Home » » 2013, Windows Phone Siap Melonjak

2013, Windows Phone Siap Melonjak

Posted by FakhriComputindo on Monday, February 25, 2013

Hadirnya sistem operasi mobile baru dari Microsoft yakni Windows Phone 8 akhir 2012 lalu tampaknya masih belum bisa mencuri hati penikmat smartphone, setidaknya hingga tahun 2014. Saat ini saja, pasar Windows phone di Indonesia menurut sumber IDC hanya sekitar 2%. Namun, pihak Microsoft cukup optimis untuk mendongkrak market share hingga 8% di tahun 2013 ini.

Di Indonesia, smartphone yang menggunakan Windows Phone 8 masih sangat sedikit. Sampai akhir 2012, baru Nokia Lumia 920, Nokia Lumia 820, HTC 8X dan HTC 8S saja yang sudaj menggunakan Windows phone 8. Tampaknya dua brand inilah yang paling rajin menggelontorkan smartphone Windows phone. Sebelumnya, Nokia juga meluncurkan Lumia 710, Lumia 610, Lumia 800, dan Lumia 900 yang menggunakan Windows phone 7.5, sedangkan Nokia Lumia 510 sudah menggunakan Windows phone 7.8.

Associate Market Analyst IDC Indonesia mengatakan, “meningkatnya pangsa pasar Windows phone di Indonesia karena munculnya beberapa tipe handset yang dibanderol dengan harga murah, serta luasnya jaringan distribusi Nokia”. Mungkin di 2013 ini akan semakin benyak vendor yang mengadopsi OS Windows Phone pada perangkat smartphonenya, seirung perkembangan OS besutan Microsoft ini.

Selain Nokia dan HTC, Samsung yang sudah lebih dulu dikenal sebgai raja Android juga sudah menyipakan smartphone Windows phone 8-nya. Huawei pun telah menyiapkan satu tipe perdana Windows Phone 8 yang akan segera digelontorkan ke pasaran, yakni Huawei Ascend W1. Menyusul berikutnya adalah ZTE dan Acer. Di tahun 2013 ini, Windows Phone 8 bahkan dikabarkan bakal mendukung kemampuan Hybrid CDMA/GSM, salah satunya adalah Nokia Lumia 822 yang rumornya akan dipinang operato Verizon.

Sistem operasi Windows yang banyak digunakan masyarakat Indonesia sebagai OS PC dan Tablet, tren perusahaan yang akan memerlukan integrasi pernagkat dengan istilah Bring Your Own Device (BYOD) di 2013, nampaknya juga akan menjadi indikator penting meningkatnya pasar Windows Phone.

Kerja sama eksklusif dengan Nokia Lumia, nampaknya bukan hal yang sulit bagi Microsoft untuk menempatkan Windows Phone di posisi ketiga pasar smartphone dunia setelah Android dan iOS. Namun, optimisme BlackBerry lewat BlackBerry 10-nya bakal menjadi saingan terberat Windows Phone. Inilah dua petarung menarik yang akan menghiasi pasar smartphone dunia di tahun 2013.







Thanks for reading & sharing FakhriComputindo

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Ads Inside Post

Search This Blog

Powered by Blogger.

Google Translate