Home » » BlackBerry 10 Datang, Awal Kebangkitan BlackBarry?

BlackBerry 10 Datang, Awal Kebangkitan BlackBarry?

Posted by FakhriComputindo on Saturday, February 2, 2013


Setelah mengalami beberapa kali penundaan, akhirnya RIM meluncurkan sistem operasi terbaru mereka, BlackBerry 10. Sistem operasi ini di anggap RIM sebagai sistem operasi yang paling sempurna dan akan memnerikan pengalaman beru yang mengagumkan. Pada tanggal 30 Januari kemarin juga dijadikan RIM sebagai momen untuk mengganti nama perusahaan mereka dari RIM kini menjadi BlackBerry. Dengan penuh percaya diri CEO BlackBerry memperkenalkan fitur-fitur unggulan dari BlackBerry 10. Ajang itu juga menjadi momentum kelahiran duo jagoan BlackBerry yg telah mangusung OS BlackBerry 10, yaitu BlackBerry Z10 dan BlackBerry Q10. Lantas sehebat apakah kehebatan dua smartphone penyandang OS BlackBerry 10 ini? Dan akankah dengan BlackBerry 10 akan menjawab keraguan dunia dan akan mengembalikan  BlackBerry sebgai penguasa pasar smartphone?

BlackBerry Z10 hadir dengan desain full touchscreen. Desain yang dibawa memang terlihat cukup manis dengan bentangan layar 4.2 inci. Resolusi layar BlackBerry Z10 adalah 1280 x 768 piksel membuat layar kepadatn piksel layar BlackBerry Z10 jauh lebih baik dari Samsung Galaxy S III dan sedikit lebih baik dari iPhone 5. Ini adalah suatu langkah cerdas yang dilakukan BlackBerry. Layar ini juga dilengkapi dengan teknologi Super AMOLED membuatnya layak disejajarkan dengan smartphone-smartphone high-end saat ini. Kemudian beralih ke sisi hardware. BlackBerry 10 datang dengan spesifikasi yang cukup tangguh, meliputi prosesor dual core 1.5 GHz yang ditunjang dengan RAM 2 GB dan media storage 16 GB. Langkah ini sudah selayaknya dilakukan BlackBerry mengingat para kompetitornya juga menaruh spesifikasi hardware tinggi pada ponsel flagshipnya.



Pada sektor kamera, BlackBerry 10 dibekali dengan kamera utama 8 MP yang dibekali dengan fitur aotufocus, dan LED Flash. Sedangkan untuk kamere sekunder hadir dengan resolusi 2 MP. Ada satu fitur menarik dati kamera BlackBerry 10 dimana adanya fitur ‘mesin waktu’. Pada saat kita mengambil gambar obyek dan ternyata hasil jepretan kita tidak sesuai harapan, maka kita bisa mengulang kembali dimana saat kita belum menekan tombol shutter dan memilih foto dengan kualitas yang paling baik. Fitur ini boleh membuat BlackBerry 10 sedikit jumawa karena ini memang sesuatu yang keren. Kamera utama BlackBerry Z10 dapat digunakan untuk merekam video dengan resolusi maksimal 1080p pada kecepatan 30 fps. Fitur kamere BlackBerry Z10 bisa dibilang setara dengan Samsung Galaxy S III dan iPhone 5. Namun BlackBerry  Z10 belum bisa mengalahkan kamera Nokia Lumia 920 dimana smartphone tersebut mempunyai kemampuan yang sangat handal dalam mengambil gambar dalam keadaan low light.

Kini mari beralih ke fitur unggulan BlackBerry, yaitu BlackBerry Mesenger (BBM). BBM BlackBerry 10 tidak hanya datang dengan upgrade dari sis tampilan, melainkan fitur-fiturnya juga mengalami peningkatan yang signifikan. Salah satunya adalah kemampuan untuk melakukan video call baik melalui jalur operator ataupun melalui koneksi WiFi. Tidak hanya itu, bahkan kemampuan video call ini juga didukung dengan satu fitur dimana kita bisa berbagi layar dengan lawan bicara kita. Artinya kita bisa mengontrol layar lawan bicara kita yang menggunakan BlackBerry Z10. BlackBerry Z10 datang dengankoneksi data 4G LTE. Jadi, untuk urusan jelajah dunia maya, smartphone ini dapat diajak ngebut hingga kecepatan 75 Mbps.


Selain Z10, BlackBerry juga meluncurkan BlackBerry Q10. Perbedaan paling mendasar dari Z10 adalah adanya keyboard QWERT fisik pada Q10 yang dipadukan denngan layar 3 inci dengan resolusi 768 x 768 piksel. Di sisi hardware Q10 membawa spek yang sama dengan Z10. Prosesor dual core 1.5 GHz, RAM 2 GB, storage 16 GB dan kapasitas baterai 1800 mAh. Q10 juga hadri dengan kamrea utama 8 MP.



Setelah melihat sedikit ulasan tentang spesifikasi BlackBerry Z10 dan BlackBerry Q10 serta fitur-fitur pada sistem operasi BlackBerry 10, langkah yang cukup tepat telah dilakukan BlackBerry. Namun untuk menjawab pertanyaan apakah BlackBerry 10 mampu membangkitkan BlackBerry, masih perlu banyak pembuktian. Apalagi belum aa satu faktor yang mengharuskan ataupun memaksa pengguna Android adan iOS untuk beralih ke BlackBerrry 10. Jika hanya mengandalkan pengguna baru ataupun pengguna yang telah sangat setia pada BackBerry, maka itu sangat tidak cukup. BlackBerry perlu melangkah lebih berani lagi untuk memaksa penngguna Android dan iOS untuk beralih ke BlackBerry. Dan mungkin Tablet dengan sistem operasi BlackBerry 10 akan menjawab tantangan tersebut. Selain itu, dukungan 70 ribu aplikasi di BlackBerry 10 juga seharusnya bisa dimanfaatkan dan harus dijaga konsistensinya agar aplikasi-aplikasi di BlackBerry World terus bertambah. Kita lihat saja sepak terjang BlackBerry 10. Mampu membangkitkan BlackBerry, atau malah membuat terkubur semakin dalam.











Thanks for reading & sharing FakhriComputindo

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Ads Inside Post

Search This Blog

Powered by Blogger.

Google Translate