Home » » Virus dan Malware Ancam Sistem Operasi Ponsel

Virus dan Malware Ancam Sistem Operasi Ponsel

Posted by FakhriComputindo on Monday, March 4, 2013

Seiring meningkatnya pertumbuhan smartphone, serta kian beragamnya sistem operasi mobole, justru menjadi lahan empuk para ‘penjahat’ digital untuk melancarkan kejahilan mereka. Masih ingat dengan kasus pencurian pribadi yang tersimpan di smartphone oleh malware yang disusupkan ke aplikasi?? 
Meski masing-masing pengembang sistem operasi telah menambahkan sistem proteksi yang berlapis, ternaya masih ada saja celah yang bisa dimasuki oleh para penjahat tersebut untuk menyebarkan malware.
 McAfee, sebuah perusahaan keamanan dan antivirus memprediksi, di 2013 ini ancaman malware terhadap platform mobile akan meningkat, selain itu, McAfee juga memprediksi akan ada ancaman baru dari Ransomware. Berikut ini beberapa poin penting yang digaris bawahi McAfee :

1.    Ancaman keamanan smartphone kian meningkat
Di 2013 ini, meningkatnya serangan malware justru tak hanya terpaku pada sistem operasi besar dan bersifat open source. McAfee mengatakan bahwa serangan malware akan tertuju pada smartphone maupun tablet di semua platform  OS mulai dari Android, iOS, Windows Phone, dan kemingkinan besar juga akan menyerang BlackBerry dan Firefox OS

2.    Muncul varian baru malware
Selain malware standard, McAfee mengabarkan bahwa di 2013 akan muncul  varian baru malware yakni Ransomware. Varian malware ini memiliki kemampuan untuk memeras pengguna yang terinfeksi dan kebanyakan dari mereka memiliki kemampuan untuk mengakses dan menghapus data pengguna secara permanen. Ransomware berbeda dengan malware lain seperti backdoor, trojan, atau worm. Ransomware dibuat untuk memeras pengguna dan hanya dapat dibuat oleh orang yang memiliki ketrampilan pemograman tingkat lanjut.

3.    Sistem operasi baru terget serangan malware
McAfee memeperkirakan bahwa serangan dan ancaman malware akan fokus pada platform dan sistem operasi baru seperti Windows 8, Windows RT, Windows Phone 8, dan standard HTML5. Windows Phone mungkin akan menjadi sasaran utama tahun 2013 ini.

4.    Cybertrack Skala Besar Meningkat
Masih ingay dengan serangan flame dan Syuxnet yang menggemparkan Timur Tengah dan duni? Serangan skala besar seperti inilah yang diperkirakan McAfee akan meningkat. Era internet saat ini menciptakan era cybertrack atau cyberwar yang mungkin meibatkan sebuah negara.

5.    Meningkatnya Hacktivist seperti Anymous
McAfee juga memerkirakan bahwa tahun 2013 nanti kelompok hacker atau hacyivist seperti Anymous akan meningkat dan ketenaran kelompok Anymous akan sedikti menurun dengan hadirnya kelompok sejenis yang juga melakukan hal yang sama.


Thanks for reading & sharing FakhriComputindo

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Ads Inside Post

Search This Blog

Powered by Blogger.

Google Translate