Home » » Ulas Singkat Notebook Lenovo B40-80

Ulas Singkat Notebook Lenovo B40-80

Posted by FakhriComputindo on Tuesday, February 2, 2016

Berbeda dengan pasar PC yang semakin layu, pasar notebook terlihat masih stabil. Setidaknya penjualan notebook tidak separah PC. Masih banyak yang membutuhkan notebook untuk membantu menyelesaikan pekerjaan, atau hanya sekedar untuk multimedia atau gaming. Masyarakat seolah menyadari, bahwa tablet tidak sehebat yang mereka fikirkan pertama kali.

Pada kesempatan ini, FC akan sedikit mengulas salah satu notebook yang menarik perhatian kami. Lenovo B40-80. Notebook ini dibekali dengan prosesor Intel Core i3 generasi ke-4 a.k.a Haswell. Menariknya Lenovo memadukan kekuatan Intel Core i3 4005U dengan VGA discrete AMD Radeon R5. Bagaimana performanya? mari kita simak.

Desain

Jika dilihat dari desainnya tidak ada yang istimewa dari notebook ini. Masih dengan desain konvensional seperti kebanyakan notebook Lenovo dengan ciri khas warna hitamnya. Satu-satunya hal yang menarik perhatian kami adalah kehadiran sensor fingerprint. Satu hal yang sudah lama tidak tampak di notebook. Selain itu, tentu sticker identitas jeroannya, dimana ada logo Intel Core i3 dan logo AMD Radeon Graphics berdampingan. Notebook ini menyediakan konektifitas yang cukup lengkap seperti 2xUSB 2.0 port+1xUSB 3.0 port, port HDMI, port VGA, jack audio 3,5mm, dan optical drive DVD-RW disebelah kanannya. Permukaannya terbuat dari plastik, dengan texstur yang agak licin.

Performa

Beralih ke performa. Dengan prosesor Intel Core i3-4005U, RAM 2GB, dan ditambah dengan discrete graphics AMD Radeon R5-M330 dengan memori VGA 2GB kami mencoba memainkan game PES 2016 yang berjalan dibawah sistem operasi Windows 10 64-bit.

Di settingan grafis tertinggi, kami merasakan sedikit lag meskipun tidak terlalu sering. PES 2016 baru bisa berjalan dengan benar-benar lancar di settingan medium dan resolusi tertinggi. Hal ini membuat kami sedikit beranggapan bahwa Lenovo B40-80 masih sedikit dibawah notebook-notebook laing yang menggunakan prosesor sama tetapi dipadukan dengan VGA dari nVidia GeForce GT940M misalnya. Karena di notebook Asus A455LF yang menggunakan prosesor Intel Core i3 dan discrete graphics nVidia GeForce GT940M 2GB kami bisa memainkan game PES 2016 di settingan grafis tertinggi dengan nyaman. Meskipun begitu, perbedaan harga yang lumayan mencolok antara keduanya membuat kami bisa memaklumi akan hal itu.

Sementara, fitur fingerprint di notebook ini, membuat sobat bisa menggunakan proteksi yang lebih aman. Namun, sobat harus mendownload sendiri baik itu driver fingerprint maupun driver-driver lainnya karena ternyata tidak disertakan CD driver.

Untuk kegunaan standar lain seperti menonton video, desain grafis ringan, dan pekerjaan-pekerjaan standard notebook ini bisa menanganinya dengan baik.

Kesimpulan
Lenovo B40-80 bisa dijadikan pilihan bagi Sobat yang tengah berburu notebook dengan kemampuan yang mumpuni tetapi memiliki budget terbatas. Notebook ini bisa dijadikan pilihan untuk Sobat yang memainkan game-game ringan sekedar mengusir kepenatan bekerja, atau bagi sobat yang berprofesi sebagai desainer grafis. Soal harga, di salah satu toko komputer di kota Jogja, sobat bisa membeli notebook ini dengan harga dibawah 5 juta saja.

Thanks for reading & sharing FakhriComputindo

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Ads Inside Post

Search This Blog

Powered by Blogger.

Google Translate