Home » , , » Era Game PC Bajakan Diprediksi Akan Segera Berakhir

Era Game PC Bajakan Diprediksi Akan Segera Berakhir

Posted by FakhriComputindo on Sunday, February 14, 2016


Publisher dan cracker. Tak ada peperangan digital yang lebih menarik dari dua kubu ini. Publisher game yang susah payah membuat sebuah game dan tentunya dengan biaya yang tidak sedikit, dan para peretas yang selalu bisa membuat game-game tersebut bisa di unduh dan dimainkan secara gratis. Sobat-sobat semua (termasuk saya) harus berterima kasih kepada 3DM. Sebuah tim yang selalu bisa membuat versi crack dari sebuah game hingga akhirnya game tersebut sampai ditangan sobat tanpa sobat harus mengeluarkan biaya (paling cuma untuk biaya internet untuk mendownload game tersebut).

Hingga akhirnya datanglah Denuvo. Sebuah mimpi buruk bagi sobat-sobat (lagi-lagi termasuk saya) karena Denuvo berhasil membuat sistem anti bajakan yang benar-benar membuat tim sekelas 3DM nyaris angkat tangan.

Denuvo menjadi sebuah sistem anti bajakan yang paling 'mengerikan' sejauh ini. Memang beberapa waktu lalu cracker berhasil membobol sistem pertahanan Denuvo. Bukannya tumbang, Denuvo justru bangkit dan bahkan sistemnya semakin rumit ditembus, hingga nyaris mencapai titik mustahil. Sebagai buktinya? Salah satu game open-world popule dari Avalanche Studios dan Square Enix – Just Cause 3 hingga saat ini masih belum bisa dibajak dan tersedia crack untuk versi PC-nya. Just Cause 3 menggunakan Denuvo sebagai sistem pertahanan anti bajakannya dan berhasil membuat tim sekelas 3DM diambang batas menyerah.

Just Cause 3 Menjadi Tantangan Baru untuk Tim 3DM

Dalam blog resminnya sendiri, penemu forum 3DM bernama kode “Bird Sister” mengungkapkan rasa frustasinya ketika berusaha membobol Just Cause 3. Satu bulan sejak ia dirillis dengan crack yang belum memperlihatkan batang hidungnya, Bird Sister mengaku bahwa Just Cause 3 PC benar-benar sebuah tantangan yang sulit. Tahap terakhir untuk membobol game yang satu ini disebut begitu kompleks hingga cukup untuk membuat tim inti 3DM hampir menyerah. Namun untungnya, Bird Sister berhasil menyemangati mereka kembali untuk terus berjuang.

Jika sobat tak kenal apa itu game Just Cause 3, bagaimana dengan Fifa 16? sampai detik ini, versi crack dari Fifa 16 juga belum menunjukkan hal yang menggembirakan (khususnya untuk gamer bajakan).

Satu hal yang menarik, terlepas dari statusnya sebagai tim peretas ternama, Bird Sister melihat Just Cause 3 adalah awal dari sebuah tren yang mengkhawatirkan untuk scene game bajakan itu sendiri. Walaupun ia optimis bisa membobol Just Cause 3, Bird Sister merasa bahwa game-game yang akan dirilis dalam dua tahun ke depan tak akan bisa dibajak lagi. Alasannya?  Karena tren teknologi enkripsi yang ditunjukkan industri game saat ini benar-benar akan membuat proses peretasan setiap darinya semakin sulit dan sulit. Hingga semuanya akan berakhir pada titik dimana tim peretas tak bisa lagi melakukannya atau akan butuh waktu yang sangat lama.

Hal ini tentu menjadi kabar baik bagi para developer game. Karena usaha keras, jerih payah, dan biaya yang mereka keluarkan tidak akan lagi bisa di crack begitu saja. Dan untuk gamer, kami tak percaya akan mengatakan ini. Tetapi, kami sarankan sobat berlatih menabung untuk membeli game secara original. Melihat pertempuran antara Denuvo melawan cracker saat ini, cukup sulit untuk memiliki rasa optimisme bahwa kita akan bisa memainkan game-game luar biasa tanpa harus membelinya.


Sumber: Jagat Review

Thanks for reading & sharing FakhriComputindo

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Ads Inside Post

Search This Blog

Powered by Blogger.

Google Translate