Home » , , , » Hal Terpenting Sebelum Membeli Laptop Bertenaga APU AMD Ryzen

Hal Terpenting Sebelum Membeli Laptop Bertenaga APU AMD Ryzen

Posted by FakhriComputindo on Monday, September 24, 2018


AMD Ryzen adalah sebuah prosesor yang revolusioner. Mengapa? Karena ketika AMD akhirnya meluncurkan Ryzen ke pasaran, seketika itu juga persaingan prosesor menjadi lebih 'hidup'. Entah lah dengan kalian, tetapi saya berpendapat bahwa AMD cukup mampu membuat kompetitornya dari kubu biru dibuat kerepotan oleh apa yang ditawarkan Ryzen.

Setelah sukses menggempur segmen PC Desktop, AMD akhirnya meluncurkan Ryzen yang diberi tugas untuk melakukan gempuran yang sama di pasar notebook. Betul sekali. Kita sedang membahas AMD Ryzen Mobile kali ini.

Mungkin pembahasan ini bisa dibilang telat. Dan perlu diketahui bahwa saya tidak akan secara spesifik membahas performa dari AMD Ryzen Mobile ini, yang mana pembahasan detail mengenai performa APU Ryzen ini bisa kalian dapatkan di berbagai macam situs atau channel YouTube.

Sesuai dengan judul di atas, saya hanya ingin menggaris bawahi satu hal terpenting jika kalian ingin berniat membeli laptop dengan tenaga APU AMD Ryzen. Apa itu?

GUNAKAN RAM DENGAN KONFIGURASI SINGLE CHANNEL

Apa tujuan kalian menggunakan laptop dengan tenaga APU Ryzen? Betul sekali. Satu hal yang sangat menggiurkan dari APU Ryzen ini adalah kehadiran IGP (integrated graphics) dengan arsitektur Vega. Radeon Vega yang tertanam di APU Ryzen ini dipercaya mampu menandingi performa dari GPU diskrit di kelas yang setara dengannya.

Contoh: Radeon Vega 3 yang tertanam di AMD Ryzen 3-2200U sanggpun menghajar performa dari Geforce GT 920MX atau Geforce MX 110.

Begitu juga dengan Radeon Vega 8 pada Ryzen 5-2500U yang performanya bisa sebanding dengan Geforce GT 940M atau MX 130.

Tapi semua kemampuan penuh dari Radeon Vega tersebut, hanya bisa kalian dapatkan jika kalian menggunakan laptop dengan konfigurasi RAM Dual-Channel. Apa itu Dual-Channel? Secara singkat, konfigurasi RAM dual channel bisa didapatkan jika pada laptop kalian terpasang dua keping RAM. Misalkan 2x4GB, 2x8GB, dst.

Kenapa harus menggunakan RAM Dual-Channel? Kalian bisa menyimak artikel berikut ini:

Hindari Penggunaan RAM Single Channel di Ryzen 3-2200G dan Ryzen 5-2400G

Oke, artikel di atas memang membahas tentang APU Ryzen untuk kelas PC Desktop. Tetapi hal yang sama juga berlaku pada notebook/laptop. Dimana jika kalian menggunakan RAM single-channel, kalian akan kehilangan lebih dari 40% dari performa Radeon Vega-nya. Dan itu adalah angka yang cukup besar.

Sementara untuk APU Ryzen kelas laptop sendiri, kalian bisa menyimak video berikut:


Yang cukup disayangkan adalah, masih banyak vendor-vendor laptop yang masih saja memberikan konfig RAM single-channel untuk laptop bertenaga Ryzen Mobile buatan mereka, dengan alasan agar user mempunyai opsi upgrade. Entah mengapa vendor-vendor tersebut belum memahami dan menyadari betapa bullshit-nya alasan tersebut.

So, jika kalian termasuk orang-orang yang ingin memiliki laptop bertenaga Ryzen Mobile, pastikan dulu bahwa kalian sudah mendapatkan laptop dengan konfig RAM dual-channel out-of-the-box. Hagra mungkin sedikit lebih mahal, tetapi percayalah. Kalian akan mendapatkan performa yang sepadan.

Dan untuk kalian yang sudah terlanjur membeli laptop bertenaga Ryzen Mobile, dan kalian menyadari bahwa konfig RAM yang diberikan masih single-channel. tidak ada pilihan lain selain menambah satu keping RAM lagi untuk kalian mendapatkan kekuatan penuh dari perpaduan Ryzen + Vega ini.

Semoga artikel ini bermanfaat :)

Thanks for reading & sharing FakhriComputindo

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Ads Inside Post

Search This Blog

Powered by Blogger.

Google Translate