Home » , , , , » ASUS AMD - Laptop For Everyone: Asus X550IK

ASUS AMD - Laptop For Everyone: Asus X550IK

Posted by FakhriComputindo on Sunday, January 7, 2018


Apa Saja Yang Dimiliki Oleh Asus X550IK?

Well, karena ini adalah sebuah laptop, tentu saja benda ini memiliki serangkaian perangkat elektronik yang saling bekerja dalam satu sistem berbentuk laptop. Tetapi jika maksud dari pertanyaan Anda adalah sesuatu yang lebih jauh atau lebih dalam dari itu, yang menyangkut performa laptop ini, kelebihan dan kekurangan laptop ini, atau semacamnya, mari kita cari tahu sama-sama. Karena sejujurnya saya pun belum tahu banyak tentang laptop ini. Saya mencari informasi tentang setiap bagian dari laptop ini, sambil menuliskannya untuk Anda. Semoga saja Anda masih tertarik dengan tulisan-tulisan saya.

Desain
Tentu saja yang kita nilai pertama kali adalah desain dari laptop ini. Karena kita tidak bisa langsung mengetahui spesifikasinya dengan hanya melihat penampilan laptop ini, maka kita ulas dulu desainnya. Kasus yang sama seperti Anda mencari jodoh, misalnya, maka yang pertama kali tertangkap dari kedua mata Anda adalah tampilan fisiknya.
Kembali ke masalah desain laptop tadi, karena kepayahan saya untuk menyampaikannya dalam bahasa, lebih baik saya langsung sajikan kepada Anda bentuk dari X550IK dalam bentuk gambar. Kurang lebih seperti ini:





Jika dilihat, X550IK ini memiliki desain yang serupa dengan X550IU. Dan jika tebakan saya benar, maka dari build quality, ketebalan, bahan yang dipakai, texture, dsb bisa dikatakan sama. Saya pernah melihat (bahkan mencoba langsung) X550IU, dan laptop itu menurut saya pribadi memiliki desain yang lumayan bongsor. Tapi itu wajar mengingat spesifikasi yang dibawa si laptop (yang akan kita cari tahu nanti).

Dan untuk masalah desain, secara pribadi, saya suka dengan desain laptop ini. Dengan aksen-aksen khas laptop 'Entry Gaming Asus'. Desain yang serupa juga dipakai pada tipa X550VX. Dan barangkali, selama ada laptop Asus yang menggunakan tipa 'X550', mungkin memang datang dengan desain serupa. Satu yang kurang saya suka mungkin gampangnya bagian casing laptop meninggalkan jejak sidik jari. Lagi-lagi saya akan mengatak wajar mengingat bahan berjenis glossy yang dipakai. Dan urusan desain adalah urusan selera, jadi saya tidak akan memaksan Anda untuk ikut-ikutan suka dengan tampilan laptop ini.

Spesifikasi dan Performa


Oke sekarang kita bahas spesifikasinya. X550IK ini datang dengan prosesor AMD FX-9830P. Dan karena ini adalah seri tertinggi dari APU milik AMD, maka saya bisa katakan Anda tidak perlu ragu dengan seberapa hebat laptop ini bisa 'berlari'. Lupakan tentang isu-isu yang kurang bisa dipertanggung jawabkan seperti 'AMD itu Panas' dan semacamnya, yang besar kemungkinan cuma Anda dengar dari gosip ibu-ibu pembeli sayur keliling atau obrolan bapak-bapak kumpulan RT. Saya memang tidak bisa memberikan datanya, tapi Anda bisa cari tahu sendiri dari berbagai situs atau YouTuber.

Prosesor laptop ini bisa 'berlari' sampai kecepatan 3.7GHz. Dan itu bisa saya katakan kencang. Dengan cache sebesar 2MB dan datang dengan konfigurasi Quad-Core, Anda bisa menjalankan tugas multi-tasking tanpa masalah dengan X550IK.

Dan tokoh utama dari mesin ini adalah kehadiran GPU AMD Radeon RX 560 yang mempunyai VRAM bertipe GDDR5 sebesar 4GB. Ini bukanlah versi mobile dari GPU tersebut, tetapi Asus benar-benar menghadirkan chip GPU RX 560 yang sama seperti pada RX 560 versi desktop di laptop ini. Jangan tanyakan kepada saya bagaimana Asus bisa melakukannya. Mungkin satu-satunya jawaban yang saya punya adalah: 'Itulah kelebihan Asus'. Jika Anda termasuk seorang gamer, makan perpaduan dari FX-9830P dengan RX 560 akan menjanjikan pengalaman gaming Anda tetap maximal dan nyaman.

Maaf apakah ini sudah genap 600 kata? Astaga..... belum? Baiklah mari kita lanjutkan

Radeon RX 560 merupakan GPU dengan arsitektur Graphics Core Next (GCN) generasi ke-4 yang memiliki 14 buah compute unit dan 1024 stream processor.
 
GPU ini juga memiiki peningkatan sekitar 6 persen pada clock speed VGA menjadi 1.275MHz untuk boost dan 1.175MHz pada base clocknya. Dan pada kecepatan maksimal tersebut, ia mampu memproses hingga 2,6 Tera floating-point operations per detik. Meskipun saya kurang terlalu paham dengan angka-angka tersebut, tetapi saya yakin itu menunjukkan bahwa X550IK memang memiliki performa yang cukup 'buas' di kelas harganya.

Apalagi X550IK sudah dibekali dengan RAM 8GB DDR4 yang jalan di kecepatan 2133MHZ. Anda bahkan bisa menggunakan RAM konfigurasi Dual-Channel dengan menambahkan satu keping RAM lagi di slot yang disediakan.

Oke, apalagi yang perlu kita bahas? Oh iya layar. Laptop yang diposisikan Asus sebagai Entry Gaming ini memiliki bentangan layar 15.6" dengan resolusi Full HD 1920 x 1080 pixel. Yang tentu saja, akan memanjakan Anda dalam menonton film-film favorit Anda dan memainkan game-game dengan tampilan yang memang bisa Anda nikmati. Maksud saya dengan tampilan yang 'indah'.

Dan masalah I/O, laptop ini memiliki konektivitasi yang cukup lengkap. Selengkap apa? ini daftarnya:

1 x Microphone-in/Headphone- out jack, 1 x VGA port/Mini D-sub 15-pin for
external monitor, 3 x USB 3.0 port(s), 1 x USB 2.0 port(s), 1 x RJ45 LAN Jack for
LAN insert, 1 x HDMI, 8x DVD-RW Super Multi, Dual-band 802.11 b/g/n or 802.11ac (optional), 10/100/1000/Gigabits Base, Bluetooth 4.0.

Kesimpulan
Lantas apa yang bisa kita simpulkan setelah kita sama-sama mencari tahu apa saja yang dimiliki X550IK di atas? Well, itu semua tergantung Anda bagaimana Anda menyimpulkannya. Tetapi bagi saya, X550IK yang memiliki harga sekitar 9 Jutaan ini cukup layak untuk Anda pilih. Anda bisa mendapatkan sebuah laptop dengan GPU kelas desktop.

Memang jika kita berbicara soal portabilitas, laptop ini mungkin akan membebani punggung Anda dengan mantap dengan desain lumayan bongsornya. Tetapi itu sepadan dengan performa yang akan Anda dapatkan. Untuk kegiatan seperti editing video seharusnya X550IK juga bisa diandalkan. Meskipun saya tidak bisa memberikan hasil testnya karena saya memang tidak sedang memegang laptop ini (baca enggak kuat beli).
Baiklah itu saja yang bisa saya sharing mengenai X550IK. Semoga ada manfaatnya, dan sampai jumpa di post-post saya yang akan datang.

Artikel ini diikutsertakan pada Blog Competition ASUS AMDLaptop For Everyone yang diselenggarakan oleh bocahrenyah.com

Thanks for reading & sharing FakhriComputindo

Previous
« Prev Post

2 comments:

  1. Terima kasih sudah ikutan Blog Competition ASUS AMD - Laptop for Everyone. Good luck ya.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete