Home » » Koneksi wireles tercepat, WiGig

Koneksi wireles tercepat, WiGig

Posted by FakhriComputindo on Monday, June 25, 2012

Sejumlah vendor teknologi berlomba menghadirkan chipset WiGig di frekuensi 60 GHz. Beragam aplikasi multimedia bakal mudah ditransfer 20x lebih cepat dibanding WiFi. 

Coba bayangkan ketika kita duduk santai di restoran dengan fasilitas hotspot WiFi tiba-tiba bisa mengunduh video kualitas HD (high definition) durasi 30 menit dalam 10 detik saja. Wuss...wuss.

Itu bukanlah mimpi siang bolong, karena kini ada standar baru yang disebut sebagai WiGig atau dikenal sebagai standar IEEE 802.11ad. Berbeda dengan WiFi yang berjalan di frekuensi 2,4 GHz atau 5 GHz, WiGig menggunakan frekuensi 60 GHz. Pada prakteknya, WiFi di kedua frekuensi tersebut dapat dipakai untuk komunikasi peranti mobile seperti ponsel. Tapi banyak yang menyangsikan soal WiGig karena rentang frekuensi yang dipakai di 60 GHz membuatnya bisa menyedot baterai yang besar. Sehingga WiGig pada awalnya memang ditujukan untuk peranti statis seperti TV dan bukan untuk perangkat mobile seperti ponsel.

Bukan pabrikan teknologi kalau menyerah begitu saja. Sejumlah pabrikan mulai memutar otak bagaimana memanfaatkan WiGig ini sehingga bisa digunakan di peranti mobile. Dengan kemampuannya yang 20x lebih cepat dibandingkan WiFi, pabrikan teknologi itu begitu ngiler teknologi tersebut dapat dipakai di ponsel. Panasonic, pabrikan asal Jepang misalnya baru saja mengumumkan ketersediaan perangkat mobile yang bisa bekerja di jaringan WiGig hanya dengan membutuhkan tenaga baterai sebesar satu watt saja. Kunci dari pemakaian teknologi yang disebut pula sebagai multi gigabit ini adalah pada sisi penerima (transceiver) dan prosessor baseband yang secara individu digabungkan ke dalam chip semikonduktor CMOS melalui optimasi teknologi sirkuit untuk peranti mobile. 

Tak hanya Jepang yang getol mengembangkan jaringan WiGig ini. Qualcomm, pemimpin produksi mikroprosessor dunia yang berbasis di Amerika Serikat melakukan hal serupa. Lewat Qualcomm Atheros –setelah Qualcomm mengakusisi Ahteros- dan Wilocity, kedua perusahaan tersebut mengumumkan chipset AR9004TB yang diklaim sebagai chipset terintegrasi multi gigabit dengan perpindahan mulus antara WiGig 60 GHz dan WiFi 2,4 dan 5 GHz. Meskipun chipset tersebut belum dipakai untuk jaringan mobile tetapi memberi harapan kecepatan data yang lebih cepat terutama untuk aplikasi multimedia dan grafis seperti game online. “Solusi ini memperkuat posisi kami sebagai penyedia layanan koneksi kabel dan nirkabel untuk keperluan retail maupun perusahaan,” kata Amir Faintuch, Senior VP dan GM Consumber Business Unit Qualcomm Atheros. “Pemakaian WiGig akan membawa pengalaman bagi pengguna di rumah atau tempat kerja karena kecepatannya,” tambah Amir. Selain triple band, chipset Qualcomm Atheros dan Wilocity tersebut juga dilengkapi dengan bluetooth 4.0 untuk melengkapi kekuatan koneksi nirkabel. 

Pengembangan WiGig sebagai standar baru koneksi nirkabel cepat atau lambat bakal hadir di dunia mobile. Kelak bukan tak mungkin di restoran tidak cuma menempelkan tulisan bebas koneksi WiFi, tapi berganti menjadi “Disini tersedia koneksi WiGig.”

Thanks for reading & sharing FakhriComputindo

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Ads Inside Post

Search This Blog

Powered by Blogger.

Google Translate